Wednesday 20 February 2013

Bisakah Arsenal Lolos ke Babak Selanjutnya

Posisi Arsenal di ujung tanduk sepertinya sudah di ambang, kekalahan 1-3 tadi malam dari Bayern Munich membuat pasukan Arsene Wenger merasa pasrah untuk lolos ke babak selanjutnya. Namun dahulu ada dua tim Ajax Amsterdam dan Inter Milan yang berhasil lolos ke babak selanjutnya setelah mendapat hasil yang mengecewakan di partai kandang. Namun apakah The Gunners bisa mengikuti jejak kedua tim tersebut?

Tertinggal 0-2 terlebih dahulu pada babak pertama, namun pasukan Wenger berhasil memperkecil kedudukan dengan gol Lukas Podolski lewat sundulan kepala, gol Podolski membuat tim gudang peluru semakin bersemangat untuk menyamakan kedudukan, namun gol Mario Mandzukic menamatkan perlawanan Jack Wilshere dkk di kandang.

Selisih dua gol di kandang dan harus bertandang ke Munich tiga pekan yang akan datang adalah hal yang berat bagi Arsenal untuk lolos ke perempat final. Ditambah dengan catatan penampilan Bayern di kandang pada musim ini di fase grup, mereka tidak terkalahkan di kandang. Namun ada beberapa sejarah yang sedikit menghibur Arsenal, dimana ada dua tim yang berhasil melakukan comeback di partai tandang untuk lolos kebabak selanjutnya.

Yang pertama adalah Ajax Amsterdam di semifinal 1995/1996, mereka terlebih dahulu ketinggalan satu gol di leg pertama pada partai kandang, namun mereka berhasil memenangkan partai tandang dengan tiga gol. Sementara Inter Milan jadi tim kedua pada tahun 2010/2011 ketika menghadapi Bayern Muenchen di babak 16 besar. Terlebih dahulu kalah di partai kandang satu gol, Inter Milan kemudian berhasil lolos ke perempat final dengan kemenangan agregat 2-3 di Munich.

"Memang Bayern tampil bagus di babak pertama dan mereka menekan kami dengan sangat baik, namun babak kedua kami bermain lebih bagus dan berhasil menekan mereka, kami juga memiliki banyak peluang, namun kami masih belum beruntung, dan selisih dua gol kemudian harus bertandang ke Munich adalah sesuatu yang sangat sulit, namun kami akan berusaha," papar winger Arsenal, Lukas Podolski.

5 comments: